Jumat, 02 November 2012

Inilah Tulisan Ayat Alquran di Kiswah Kabah


Sabuk kiswah terdapat di sepertiga bagian atas yang mengelilingi sisi- sisi ka’bah dengan panjang 45 m dan lebar 90 cm. Sabuk ini dihiasi dengan ayat-ayat Al-Quran bercorak tsulusi (salah satu model kaligrafi).

Keindahan khaligrafi tersebut dikelilingi ornamen-ornamen Islam bersulam timbul dari bonang perak yang disepuh dengan emas. Terdiri dari 16 bagian, dengan empat bagian pada setiap sisi Ka'bah. Sehingga, dengan sabuk mi kiswah Ka bah menjadi lebih indah.

Berikut ini keterangan tentang bagian sabuk dan ayat- ayat Alquran yang tertera di dalamnya.

Pertama, Sisi Pintu Multazam. Ayat-ayat yang tertulis disana adalah;

1.  “Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebagian dan maqam Ibrahim sebagai tempat shalat.” (QS Al- Baqarah: 125).

2. “Dan telah Kami perinntahkan kepada Ibrahim dan Ismail, Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf yang i’tikaf yang ruku’ dan yang sujud..” (QS Al- Baqarah :125)

3.  “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan dasar- dasar (pondasi) Baitullah beserta Ismail (seraya berdoa), "Ya Tuhan kami terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Al- Baqarah 2:127)

4.  “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau, dan (jadikanlah) di antara anak-cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penenma Taubat lagi Maha Penyayang..” (QS Al- Baqarah :125.)


Kedua: Sisi Hijir Ismail. Ayat- ayat yang tertulis disana adalah;

1. “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang. Musim haji itu ialah beberapa bulan yang diketahui barang siapa yang menetapkan umatnya dalam bulan itu untuk mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan selama mengerjakan haji itu..” (QS Al- Baqarah :197)

2.  “Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, Allah Maha Mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik  bekal adalah taqwa. Dan bertaqwalah kepada-K u hai orang-orang  yang berakal .” (QS. Al- Baqarah :197).

3. “Tidak ada dosa bagimu mencari karunia (rezki hasil perniagaan) dari Tuhanmu. Maka apabila kamu telah bertolak dari Arafah, maka berzikirlah kepada Allah di Masy'aril Haram..” (QS Al- Baqarah :198).

4.  “Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang ditunjukkan-Nya kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum itu benar-benar termasuk orang -orang yang sesat. Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak (Arafah) dan mohonlah ampun kepada Allah..” (QS Al-Baqarah :198-199).

Ketiga: Sisi Belakang Pintu Ka'bah. Ayat- ayat yang tertulis disana adalah;

1. “Dengan natna Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan (ingatlah) ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan), "janganlah kamu memperserikatkan sesuatupun dengan Aku dan sucikanlah nimah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf, orang-orang yang beribadat dan orang-orang yang ruku' dan sujud..” (QS Al-Hajj :26).

2. “Dan serulah manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.” (QS Al-Hajj :27).

3. “Supaya mereka menyaksikan berbagai manfa'at bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya.” (QS Al- Hajj :28).

4. “Dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang- orang yang sengsara lagi fakir. Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka, dan hendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka, dan hendaklah mereka melakukan thawaf di sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).” (QS Al-Hajj :28-29).

Keempat, Antara Hajar Aswad dan Rukun Yamani. Ayat- ayat yang tertulis disana adalah;

1. “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah, "Benarlah (apa yang difirmankan) Allah. Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik.” (QS Ali Imran :95).

2.  “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.” (QS Ali Imran :96).

3. “Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (diantaranya ialah) maqam Ibrahim. Barangsinpa memasukinya (Baitullah itu) maka amanlah dia..” (QS Ali lmran :97).

4. “Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan kepadanya (Baitullah). Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dan semesta alam..” (QS Ali Imran :97).

2 komentar:

  1. mohon info apa anda tahu tulisan yang berada di pintu ka'bah pada sisi dalamnya? yang didalam lingkaran?

    BalasHapus
  2. Ya Alloh ridhoilah kedua orang tua saya serta mertua saya pergi ke baitulloh. amiiinn

    BalasHapus